Cara Membuat Java Application

Dari tulisan sebelumnya tentang Perkenalan Dengan Java sekurangnya kita sudah mengetahui apa itu java, dan kita bisa tahu beberapa karakteristik yang ada dalam pemrograman dengan java, diantaranya:
Java Berorientasi Objek.
Java Bersifat Terdistribusi.
Java Bersifat Multiplatform.
Java Bersifat Multithread.

Java pun dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu jenis program java applet dan jenis program java aplikasi. Disini saya akan lebih menjelaskan tentang Jenis Program Java Aplikasi (Java Application). Berikut kita praktekan tentang cara dan langkah-langkah pembuatan Java Application:

1. Buka NetBeans sebagai IDE yang kita gunakan (Selain NetBeans Kita bisa gunakan IDE lain yang bisa kita gunakan untuk membuat program berbasis java)




2.  Klik File --> New Project



3. Kemudian akan tampil jendela New Project, seperti gambar Dibawah, Pilih JAVA pada kolom Categories dan Java Application pada kolom Projects, Kemudian Klik tombol Next.



4. Setelah itu akan tampil jendela New Java Application, silahkan tentukan nama Project dan juga Folder penyimpanan, kemudian Klik Finish.



5. Selanjutnya akan tampil Project yang dibuat pada layar sebelah kanan di Jendela Project, yaitu terdapat sebuah project dengan nama "Latihan Java" dengan isi project Source Packages dan Libraries, dan Sebuah Main Class dengan nama LatihanJava.java didalam package latihan.java



6. Selain Jendela Project, Tampil juga sebuah jendela pengetikan yaitu jendela Main Class "LatihanJava.java" yang sudah kita buat sebelumnya.



7. Selanjutnya kita dapat mengetikan script program seperti dibawah ini:


8. Selanjutnya Jalankan Script Dengan Menekan Tombol Segitiga Wana Hijau di Toolbar .

Selesai, Tahap awal pembuatan Project Java Application sudah kita lakukan, selanjutnya kita bisa buat program apa saja semau kita dengan JAVA.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »