Cara Amankan Akun Facebook (Secure Facebook Account)

Bissmillahirrahmanirrahim .......

Hmm, Mau posting lg nih, tentang facebook lg, kali ini inspirasi saya tulis artikel postingan ini yaitu, karena teman saya yang akun facebook nya dicuri (ato bahasa kerennya sih di-Hack gtuu) ... hahayy, yaa, mungkin karena dia kurang hati-hati juga sih, jadi akun facebook nya di macem-macemin orang tak bertanggung jawab dahh .. :D

Dan, bukan cuma itu, ada hal lain yang menginspirasi saya untuk menulis tentang facebook, yaitu dengan meningkatnya pageview pada blog tercinta ini sampai nyentuh angka 1000 pageview perhari, (mantap, Alhamdulillah yah, Sumanto .. hehehe), karena satu tulisan mengenai facebook, wuiih, hebat juga penggung antusian facebookers di Indonesia .. Beuhh Beuhh Beuhh beuhhhhhhhh .. :D 

Oke, cukup lah basa-basi nya, sekarang saya mau share tentang mengamankan akun facebook dengan cara memanfaatkan fasilitas yang disediaka oleh facebook untuk para penggun.

1. Login dulu ke akun facebook masing-masing.
2. Masuk Ke Halaman Account Setting (Pengaturan Akun).



3. Pilih Security (Keamanan).


4. Setting Semua item kemanan yang tersedia sesuai kebutuhan, tapi saya sarankan untuk mengaktifkan keseluruhannya.

5. Settingan Pertama, Secure Browsing (Keamanan Jelajah). Menjelajah/menjalankan facebook dalam koneksi aman, (https) artinya Hypertext Transfer Protocol Secure..


6. Settingan Kedua, Login Notification (Pemberitahuan Masuk). Memberitahukan anda bila akun anda diakses dari komputer atau perangkat seluler yang belum pernah anda gunakan. Pilih metode pamberitahuan: Klik Email (Untuk Pemberitahuan Melalui email), Klik Text Message/Push notification (Untuk Pemberitahuan Melalui SMS). Pilih Keduanya apabila ingin mengaktifkan keduanya.

7. Settingan Ketiga, Login Approvals (Persetujuan Masuk Ke Facebook). Klik Kotak Require me to enter security code ...... bla bla bla (Memasukan Kode Kamanan yang didapat melalui SMS pada ponsel anda. ikuti petinjuk di bawah:





  

8. Settingan Keempat, App Password (Kata Sandi Aplikasi). Kata sandi untuk menggunakan aplikasi-aplikasi/game yang biasa digunakan di facebook. Uups! jangan salah, Kita perlu untuk mengaktifkan item keamanan yang satu ini terutama yang senang menggunakan segala aplikasi yang ada di facebook, karena saat ini banyak hacker yang bermodus aplikasi, padahal sesungguhnya mereka mencuri akun facebook secara tidak kita sadari saat memasukan (Allow) data akun pada aplikasi tersebut. :p caranya: Klik generate app password, dan ikuti petunjuk selanjutnya.
 

9. Settingan Kelima, Trusted Friends (Teman Terpercaya). Gunakan item ini untuk lupa Password, Penyakit setiap orang biasanya Lupa Password, agar kelima teman terpercaya yang kita pilih dapat memberikan kode keamanan saat penggantian password saat lupa pasword.


10. Settingan Keenam, Recognized Device (Perangkat Yang Dikenali). Tanda Blok merah, merupakan nama device / perangkat yang kita masukan pada point nomor 7 di atas, pada perangkat yang kita biasa gunakan tidak akan ada permintaan memasukan security code. waw, canggih benner otak-otak para pegawai facebook.


11. Settingan Ketujuh, Active Session (Sesi Aktif). merupakan pemberitahuan kapan dan dimana saja akun kita pernah diakses, (Garis Blok Merah, Merupakan Nama Device yang kita masukan sebelumnya), dan beberapa pemberitahuan di bawahnya dapat kita hapus apabila terdapat satu pemberitahuan yang tidak sesuai dengan range (jangkauan) lokasi kita saat mengakses akun kita.



OK, sampai disitu saja, kita sudah sangat aman dari ancaman tangan-tangan jahil amatiran .. haha Selamat menikmati..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »