Dec 1, 2010

Membuat Linux Slax sendiri dengan Myslax Creator. (Remastering / Modifikasi)

Slax merupakan salah satu jenis distribusi (distro) Linux yang berbasis Slackware dan juga merupakan salah satu distro dengan kemampuan bootable (dapat dijalankan langsung dari CD atau USB tanpa proses instalasi) dan dapat didowload di “ www.slax.org ”. Disitusnya ini Slax dibagi menjadi beberapa jenis distro, antara lain:
1.                  SLAX Standard Edition, adalah sistim operasi Slax dengan si yang luas dan dilengkapi dengan sistem Xwindow dan lingkungan desktop KDE.
2.                  SLAX KillBill Edition, adalah sistim operasi Slax yang mampu menjalankan beragam aplikasi Windows di Linux. Linux ini dilengkapi dengan desktop KDE, Wine, Dosbox dan Qemu.
3.                  SLAX Server Edition, adalah sistem operasi yang banyak menyediakan layanan Internet atau jaringan seperti: DNS, DHCP, HTTP, FTP, MySQL, SMTP, POP3, IMAP , dan SSH.
4.                  Minimalistic SLAX. Versi Slax yang hanya menggunakan memori sistem sebesar 128MB untuk bisa bekerja dengan ukuran file keseluruhan yang cukup mini (sekitar 50MB).
5.                  SLAX Popcorn Edition, adalah sistem operasi Slax yang bisa disimpan dan dijalankan pada flash disk berukuran 128MB. Versi ini cuma berisikan aplikasi XFce Desktop, Mozilla Firefox, beep-XMMS, Gaim, dan AbiWord.
6.                  LAX Frodo edition, adalah sistem operasi Slax yang hanya menyediakan perintah baris (Console) tanpa ketersediaan dekstop grafis.
7.                  SLAX Boot CD, adalah sistem operasi Slax yang bisa dijalankan dari USB Flash jika tidak bisa booting secara langsung dari komputer. Dapat juga digunakan boot Slax untuk menjalankan ISO Slax yang berada di harddisk.


Dalam proses remastering diperlukan beberapa media pendukung sebagai alat untuk keberhasilan memodifikasi/remastering distro. Pada remastering distro slax ini menggunakan MYSLAX Creator.exe sebagai media utama remastering slax yang disediakan oleh slax.org agar semua pengguna slax dapa memodifikasi slak sesuka hatinya dan merambahkan Opensorce dan FOSS di semua kalangan dan tidak hanya terpaku pada SO Berbayar / Closesource. MYSLAX Creator dapat didapat dengan cara mendownload di http://myslax.bonsonno.org/files/MySLAX_Creator.exe Instalasi MYSLAX Creator.exe yang akan digunakan cukup dengan mengumpulkannya di direktori /gmodule.h, dengan dijalankan di Windows. Sehingga tidak perlu lagi melakukan instalasi software saat mengoperasikan Linux Slax, seperti menjalankan perintah /gmake install.h. Tetapi bukan berarti Anda tidak dapat melakukan instalasi aplikasi di Linux Slax, karena Linux Slax dapat melakukan instalasi saat sedang digunakan.


1.                   REMASTERING LINUX SLAX.


              ·         Tampilan Utama Myslaxcreator.exe
                
                


     ·         Kemudian kita akan ditanya dimana letak source SLAX yang akan kita gunakan sebagai sumber dari pembuatan SLAX linux versi sendiri. Disini saya akan menggunakan dari slax iso linux yang bisa didownload di www.distrowatch.com atau di www.slax.org/build.
Kemudian klik mount dan next.

                  




    ·         Yang berikutnya adalah pemilihan module-modul atau paket apa saja yang akan kita pakai di SLAX yang akan kita buat.
Modul-modul tersebut bisa didownload di FTP://ftp.slax.org//SLAX-5-modules/ Dan file tersebut berekstensi *.lzm
Disebelah kanan ada kolom Add to directory: yang terdiri dari 3 direktori berikut penjelasannya:


1.     /module :  untuk menempatkan file *lzm yang nantinya  paket tersebut bila langsung terexecute begitu proses peracikan slaxnya sudah jadi.


2.     /optional :  untuk menempatkan file *.mo dan *.img tambahan dan tidak akan terinstall dalam namun bisa diinstall nantinya, atau sebagai file cadangan saja.


3.     /extra : untuk menempatkan file2 lainnya seperti .mp3, .jpg, .png, .mov. Disebut  juga tempatnya file-file multimedia dan wallpaper.

                    

     ·         Tahap yang selanjutnya adalah modifikasi pada source iso slax yang kita gunakan tadi. Disini kita cuma dihadapkan pada pilihan pengurangan paket dari iso slax awal tadi. Pilihan paket-paket yang tidak kita pakai dan sudah kita update dengan paket yang sudah kita download tadi, akan tetapi apabila kita tidak ingin merubah package yang terdapat dalam modul dapan langsung saja klik next.          

                    



            




       ·         Selanjutnya yaitu modifikasi pada boot.


-       Pilih mode NOGUI pada Start Xorg, karena Slax bulan merupakan SO yang melakukan boot berupa GUI.
-       Biarkan kosong pada kolom Hardware
-       Root password juga bisa kita ganti dengan password kita dengan mecentang password.
-       Pada bagian dibawah ini adalah pilihan untuk menempatkan default wallpaper yang bisa kita ganti semau kita


            


     ·         Tahap berikutnya adalah mengeksekusi file-file yang sudah kita ramu jadi iso linux dengan menekan tobol create ISO

           
           
           
           
           

          Akan tetapi, pada tahap terakhir kita hanya perlu klik Next dan melewati tahapan create ISO pada CD dan atau pada USB Stik dan maka dari itu kita manyimpan ISO yang kita Modifikasi pada Disk Drive PC kita (Bukan Pada LiveCD/USB Stick.


 Selanjutnya klik Finish dan selesai kita mamodifikasi linux slax dengan kebutuhan dan selera yang kita mau pada pencantuman modul-modul slax.

       
Written by: Haditya Syafei Sunarya

2 comments: