Cara Membuat Nomor Otomatis Pada JAVA

Struktur Kode/Pengkodean sangat-sangat dibutuhkan untuk sebuah sistem sebagai sebuah inisialisasi data, data yang unik dan memiliki kode yang tidak sama dengan data yang lainnya sangat diperlukan guna memudahkan dalam pengelompokan dan pencarian data.


Oleh sebab itu, untuk memudahkan program membaca dan menciptakan kode, dibuatkanlah aplikasi yang mampu membuat dan memberikan penomoran yang unik secara cepat, untuk itu perlu dibuat penomoran otomatis, duna mengantisipasi user/penginput data memasukan data ganda.

Dalam hal ini saya akan membahas Cara Membuat Penomoran Otomatis di JAVA, sama halnya dengan membuat penomoran otomati di VB atau di PHP, logika yang kita gunakan tidak jauh berbeda, bahkan cenderung sama, oke langsung saja kita lihat contoh script dibawah:

public void Nomat(){
        if(connect != null){
            try{
                String sql = "Select right(kdbuku,3) as no_urut From tb_buku";
                stat = connect.createStatement();
                res = stat.executeQuery(sql);
                if(res.first() == false){
                    jTextField1.setText("HDT-001");
                }else{
                    res.last();
                    int no = res.getInt(1) + 1;
                    String nomor = String.valueOf(no);
                    int oto = nomor.length();
                    for(int i = 0; i < 2-oto; i++){
                        nomor = "00" + nomor;
                    }
                    jTextField1.setText("HDT-"+nomor);
                }
            }catch(Exception e){
                    JOptionPane.showMessageDialog(null, e.getMessage());
            }
        }else{
            JOptionPane.showMessageDialog(null, "SQL Error : Kesalahan Pada Koneksi", "Kesalahan", JOptionPane.WARNING_MESSAGE);
        }
    }

Penjelasan :

If(Connect != null)   :  Menyertakan Koneksi yang dibuat dalam sebuah class, karena penyimpanan kedalam Databse memerlukan koneksi, lihat cara membuat koneksi databse di JAVA.

If(res.first() == false)   : Pengecekan record data dari tabel yang sebelumnya kita menggunakan query select, apabila record data dalam keadaan 0 (nol) atau tabel masih kosong, maka kode yang akan ditampilaka di dalam textfields merupakan kode statis yang kita sudah kita tentukan.

}Else{ res.last()   : Pengecekan record data dari tabel yang sebelumnya kita menggunakan query select, namun kali ini kita memindahkan penunjukan ke record data paling akhir.

int no = res.getInt(1) + 1   : Variable "no" dengan tipe data Integer yang ada pada field pertama pada table, kita tentukan nilai/value-nya dengan menambahkan 1.

String nomor = String.valueOf(no)   : Mengubah Value/nilai dari variable "no" yang semua bertipe Integer kedalam tipe String.

int oto = nomor.length()   : variable "oto" dengan tipe data Integer untuk mendapatkan panjang karakter yang ada pada variable nomor.

for( . . . . . . .)   : membuat perulangan untuk menambahkan angka / nomor urut pada kode yang sudah kita tentukan. yang selanjutknya kita panggil / tampilkan pada textfields.

Selesai, begitulah cara membuat penomoran otomatis di JAVA.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »