Cara Membuat Backup di Windows 8

Backup merupakan salah satu cara yang sangat diperlukan dalam membuat cadangan data yang kita miliki sehingga apabila file yang kita miliki terhapus,maka kita tidak perlu kawatir dan sedih karena kehilangan file tersebut karena kita sudah memiliki cadangannya. Suatu saat pasti Anda pernah mendapati bahwa sistem operasi Windows Anda mengalami crash, error, corrupt, entah itu terkena virus.

Lalu apakah manfaat backup?, Berikut ini adalah fungsi singkat serta kegunaan windows backup pada Windows 8, Kegunaan atau manfaat backup data maupun file yaitu agar Anda masih mempunyai cadangan data maupun file dari data yang telah hilang,rusak,terhapus yang diakbiatkan dari dan oleh kesalahan dalam penggunaan aplikasi maupun karena faktor lain diluar dari kontrol dari penggunanya seperti terkena virus, file yang rusak (tidak bisa dibuka), perangkat komputer error/bermasalah, mati listrik, bencana, dan lain sebagainya.

Lalu, apa yang harus kita lakukan setelah Windows backup?,yang harus kita lakukan setelah windows backup adalah merestornya. manfaat restore pada Windows dan pada sistem operasi Windows lainnya yaitu fitur Sistem restore ini akan bekerja dengan cara menyimpan berbagai jenis pengaturan dari sistem operasi Anda yang terakhir kali dimana sistem berjalan dengan normal tanpa ada masalah kemudian dapat diakses kembali sesuai tanggal yang telah diatur di harddisk, layaknya kita membackup data-data kita di settingan yang paling bagus menurut anda, lalu bilamana kita telah memakai sistem operasi mungkin dalam keseharian komputer kita dipengaruhi oleh virus kita bisa kembali ke settingan awal kita di system restore. Dan setelah kita memakai system restore komputer kita akan kembali ke settingan awal yang kita pilih sesuai dengan waktu yang kita tentukan.

Windows 7 file Recovery adalah salah satu fitur yang ditawarkan pada sistem operasi Windows 8 agar para penggunanya dapat dengan mudah untuk melakukan proses backup dan juga restore pada Windows 8,  Dengan menggunakan fitur Windows 7 File Recovery maka dengan begitu cadangan data yang sudah kita simpan tersebut dapat kita gunakan kembali sebagai pengganti data yang telah hilang/rusak/terhapus tadi. Fungsi back up data lebih mengacu pada faktor keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan komputer.

Namun bagi Anda para pengguna system operasi Windwos 8 pastinya akan sedikit kebingungan mengenai cara melakuka backup pada Windows 8, Kali ini Paseban akan mencoba mengulasnya untuk Anda. Untuk dapat mengakses fitur Windows 7 File Recovery pada Windows 8, Anda dapat menggunakan Charm Bar dengan mnggeserkan cursor Anda ke pojok kanan atas/bawah dari layar monitor Windows 8 Anda seperti terlihat pada gambar berikut ini.


Langkah pertama: Silahkan buka Control Panel, lalu pada pilihan view options silahkan ubah dari category view menjadi small icons atau large icons, lalu pilih Windows 7 File Recovery

Langkah kedua: Silahkan Anda klik pada pilihan setup backup jika Anda ingin membuat pengaturan backup



Langkah ketiga: Sekarang silahkan Anda tunggu beberapa menit dimana Windows Backup utility sedang dimulai




Langkah 4: Setelah itu lalu silahkan Anda pilih lokasi dimana Anda ingin menyimpan lokasi backup. Anda dapat menyimpan backup pada hardisk, untuk kemudian dipindahkan ke berbagai media penyimpanan data seperti hardisk eksternal, DVD, USB drive, jaringan yang tersambung dengan PC/laptop  dan berbagai jenis media penyimpanan data lainnya, namun pastikan ukuran media penyimpanan tersebut sesuai dengan data yang sedang Anda backup






Langkah 5: Setelah Anda memilih media penyimpanannya, lalu silahkan klik tombol Next, lalu system Windows akan menanyakan pada Anda, jenis pengaturan apa yang ingin dilakukan backup pada Windows 8 disana ada dua buah pengaturan yaitu pilihan “Let Windows choose (recommended)” dan juga pilihan “Let me choose”.

Pada pilihan “Let Windows choose (recommended)” maka sistem akan melakukan backup data pada folder yang terdapat pada libraries, desktop, dan berbagai pengaturan yang direkomendasikan oleh system Windows. Sementara untuk pilihan “Let me choose” maka sistem Windows akan mencoba memberikan kelaluasaan pada Anda untuk dapat memilih folder mana saja yang ingin di-backup

Langkah 6: Jika Anda memilih pilihan pertama yaitu “Let Windows choose (recommended)” silahkan lanjutkan ke langkah 7, namun jika yang Anda pilih adalah pilihan “Let Me Choose” maka jendela Windows yang akan ditampilkan untuk memilih file dan juga drive yang akan dibuatkan backup, Selanjutnya silahkan pilih klik tombol Next.




Langkah 7: Klik pada save setting lalu kemudian klik tombol backup

Saat ini sistem sedang memulai membuat bakcup, silahkan Anda tunggu hingga proses backup selesai 100%. Setelah proses backup selesai, maka Anda dapat melakukan restore terhadap semua file yang sudah Anda pilih tadi kapanpun

Demikianlah cara menggunakan fitur Windows 7 File Recovery pada sistem operasi Windows 8 untuk melakukan backup pada Windows 8, semoga bermanfaat.


Copyed From : http://portal.paseban.com/article/82062/windows-backup

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »